Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Sunday, June 21, 2015

Tata Cara Mengutip Tulisan

Tata Cara Mengutip TulisanKali ini saya akan membagikan tentang tata cara mengutip tulisan pada buku maupun pada sumber lainnya. karena kutipan akan berpengaruh  terhadap hasil tata tulis, seperti pada penulisan untuk proposal penelitian, skripsi dll. Adapun teknik penulisan kutipan terdiri dari 5 jenis/cara, yakni;
Kutipan langsung kurang dari lima baris ditulis diantara tanda petik ("..."), dan merupakan bagian terpadu dalam teks. Nama pengarang dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman didalam kurung,
Sumber gambar:
osolihin.wordpress.com
  1. Kutipan langsung kurang dari lima baris
    Kutipan langsung kurang dari lima baris ditulis diantara tanda petik ("..."), dan merupakan bagian terpadu dalam teks. Nama pengarang dapat ditulis secara terpadu dalam teks atau menjadi satu dengan tahun dan nomor halaman didalam kurung, jika ditempatkan didepan tulis terpadu dalam teks, dan nama penulis yang dikutip tulisannya dituliskan sebelum "kurung", contoh pola yang demikian ini adalah seperti berikut:
    Mondy (1990:31) mengemukakan bahwa: "job design is the procces of determining the specific tasks to be performal, the methods used in performing these tasks, and how the job relates to other work in organzation".
    Untuk nama pengarang yang ditempatkan setelah teks atau pada akhir kutipan dituliskan dalam "kurung" bersama tahun terbitan dan halaman yang dikutip. Contoh nama pengarang disebut bersama dengan tahun penerbitan dan nomor halaman ini adalah sebagai berikut: Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "mendesain kembali pekerjaan (job design) sebagai penyusunan kembali komponen serta dalam rangka memperbaiki kemampuan individu"
    (Schermerhon, 1986:123).
    Jika di dalam kutipan terdapat tanda kutip, maka digunakan tanda kutip  tunggal ('...'), contohnya: kesimpulan dari penelitian tersebut adalah "...terdapat kecendrungan semakin banyak 'campur tangan' pimpinan perusahaan semakin rendah tingkat partisipasi karyawan di daerah perkotaan" (Soewignyo;1999:101).
  2. Kutipan langsung sebanyak lima baris atau lebih
    Kutipan yang terdiri dari 5 (lima) baris atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahuluinya. Baris pertama dimulai pada ketukan keenam dari margin kiri, dan baris berikutnya dimulai dari ketukan kelima. Kutipan ini diketik dengan spasi tunggal (1,0). Nomor halaman juga harus dituliskan. Contohnya: Baron (1990:96) menyebutkan bahwa:
      Job enrichment not only employees more jobs to do, but gives them tasks to perform at higher level. Job enrichment refers to the practice of giving employees he opportunity to have greater responsibility and to take greater control over to do their jobs. Because people performing enriched jobs have increased opportunities to work at higher levels, the job enrichment procces is said to increase the jobs vertical job loading.

    Jika di dalam kutipan terdapat paragraf baru, garis barunya dimulai pada ketukan ketujuh lagi dari margin kiri. Jika kutipan itu tanpa nama, maka penulisannya adalah (Tn, 2003:18).
  3. Kutipan tidak langsung
    Kutipan tidak langsung atau kutipan yang dikemukakan dengan bahasa penulis tidak diberi tanda kutip dan terpadu dalam teks. Nama pengarang dan bahan kutipan disebutkan dalam teks, atau disebut dalam kurung bersama tahun penerbitannya. Nomor halaman tidak harus disebutkan. Contoh kutipan tidak langsung sebagai berikut:
    a. Contoh nama pengarang disebut terpadu dalam teks, seperti dibawah ini: Steers (1991) mengemukakan bahwa kelompok kerja adalah sekelompok pegawai yang mempunyai tanggung jawab untuk melayani atau mendatangkan hasil, kelompok yang membuat banyak kebutuhan dengan kegiatan produksi.
    b. Contoh nama pengarang disebutkan dalam kurung bersama tahun penerbitannya, seperti dibawah ini: Kelompok kerja adalah sekelompok pegawai yang mempunyai tanggung jawab untuk melayani atau mendatangkan hasil, kelompok yang membuat banyak kebutuhan dengan kegiatan produksi (Steers,1991).
  4. Cara mengutip pendapat yang telah dikutip oleh sumber lain
    Kutipan yang diambil dari naskah yang telah dikutip oleh sumber lain, baik secara langsung maupun tidak langsung, dikutip dengan cara menyebutkan nama penulis asli dan tidak nama pengutip pertama serta tahun dikutipnya tulisan itu. Cara mengutip seperti ini hanya dibolehkan jika buku sumber asli benar-benar tidak dapat ditemukan dan dianggap sebagai keadaan darurat. Contoh cara mengutip pendapat yang telah dikutip oleh sumber lain sebagai berikut:
    Kelinger(Ary, 1982:382) memberikan batasan penelitian ex post facto sebagai: "Penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuwan tidak mengendalikan variabel tersebut telah terjadi atau karena variabel tersebut memang tidak dapat dimanipulasi".
  5. Cara mengutip pendapat dari dua atau lebih penulis atau buku sumber
    Jika penulis terdiri dari dua orang, maka keduanya harus disebutkan, contohnya: fenomena feminisasi bagian internasional merupakan suatu hal yang tidak terbantahkan (Urhus dan Meller, 1993). Serta menunjukkan keterlibatan yang cukup untuk dalam berbagai bentuk dan proses inovasi. Jika penulis lebih dari dua orang , maka dicantumkan hanya penulis pertama ditambah dkk, atau et all. Contohnya : "Beberapa penelitian tentang peran pendidikan dalam meningkatkan status kesehatan di negara-negara berkembang dikonsentrasikan pada bidang mortalitas dan kesehatan anak" (Streatfield dkk, 1990) atau (Streatfield et all, 1990).
    Jika sumber yang di acu dalam kutipan lebih dari dua buah, semua sumber disebutkan. Contohnya: menurut Shuda dan Meisha (1979), Davis dan Sherwood (1973), dan (1976) "Studi mengennai kekerabatan merupakan bagian studi sistematik".
    Jika penulis tidak masuk dalam uraian, maka antara sumber-sumber itu dicantumkan tanda titik koma. Contohnya: Sebagaimana dikemukakan oleh para pengamat, "dunia telah dan akan terus mengadakan perubahan. Bahkan dari tahun ke tahun perubahan tersebut berlangsung semakin cepat, terbuka dan kompleks yang merupakan fenomena kehidupan sehari-hari. Suka atau tidak suka perubahan itu pasti terjadi dalam kehidupan manusia" (Hessen,1985;Duscger,1977;& Jack,1995).
    Jika sumber kutipan itu adalah beberapa karya tahun dan penerbitannya pada tahun yang sama, maka cara penulisannya adalah dengan menambah huruf a,b, dan seterusnya pada tahun penerbitan. Contoh (Bray,1998a,1998b).
Dalam penulisan karya ilmiah wajib menuliskan nama para pendapat, dengan cara kutipan, seperti halnya pada makalah, simak dan baca Sistematika Cara Penulisan Makalah.

Sekian artikel Tata Cara Mengutip Tulisan, perlu diingat, bahwa teknik penulisan kutipan harus disesuaikan juga dengan pedoman operasional lembaga yang memayungi penelitian kalian. Semoga Bermanfaat, 
TERIMA KASIH.
Facebook Twitter Google+

2 komentar

jadi kalau mengutip harus di sertakan sumbernya , begitu ya gan ??

Ia gan, wajib itu, apa lagi untuk karya tulis ilmiah.
Terima kasih kunjungan..
Sehat selalu

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top