Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Saturday, July 11, 2015

Cara Menciptakan Joyfull Learning Di Kelas Belajar

Cara Menciptakan Joyfull Learning Di Kelas Belajar - Sebagai guru, kita selalu ingin menciptakan sukacita dalam pembelajaran dikelas yang kita ampuh, karena sukacita dalam pembelajaran atau joyful learning akan memfasilitasi langsung terciptanya pemahaman yang baik untuk siswa.
Sebagai guru, kita selalu ingin menciptakan sukacita dalam pembelajaran dikelas yang kita ampuh, karena sukacita dalam pembelajaran atau joyful learning akan memfasilitasi langsung terciptanya pemahaman yang baik untuk siswa.
Sumber gambar: www.moundsparkacademy.org
Tantangannya adalah bagaimana kita menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas?
Bagaimana cara menularkan joyful learning, agar siswa ikut andil dalam pembelajaran yang menyenangkan?
Bagaimana kita mendatangkan kesenangan dan sukacita di kelas?

Berikut merupakan beberapa teknik dan tips sederhana yang akan membantu dalam menumbuhkan atau menciptakan pembelajaran yang menyenangkan ( Joyful Learning ) di kelas:
  1. Cari kesenangan di belajar
    Jika kita ingin ingin siswa yang menjadi sasaran menjadi antusias atau bersemangat dalam belajar, dan jika kita ingin melihat siswa menganggap sekolah dan belajar itu menyenangkan, kita perlu memikirkan dengan berpandangan bagaimana cara kita mengajar?, apa yang kita ajarkan?, lingkungan yang kita ajar?. dan kepada siswa, biarkan mereka menikmati belajar dan menikmati permainan nya, serta cari cara untuk meningkatkan tawa yang positif dikelas. agar menambah referensi, baca dan simak juga Definisi Minat Belajar Dalam Pendidikan
  2. Musik dan irama
    Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa semua orang sangat suka dengan musik, termasuk saya sendiri, karena banyak hal yang saya ingat ketika belajar dalam mendengar musik yang berirama, tetapi semua itu tergantung dari kebiasaan. 
    Sebagai guru, kita selalu ingin menciptakan sukacita dalam pembelajaran dikelas yang kita ampuh, karena sukacita dalam pembelajaran atau joyful learning akan memfasilitasi langsung terciptanya pemahaman yang baik untuk siswa.
    Sumber gambar: www.newcityschool.org
    Bagaimana peran musik dan irama dalam guna pembelajaran yang menyenangkan?
    Jadi caranya, dengan meminta siswa anda untuk menuliskan lyric lagu yang akan mereka nyanyikan, dengan mengcover/menyanyikan lyric lagu mereka dengan menggunakan lagu favorit mereka. karena ketika siswa belajar dengan sesuatu yang baru, siswa akan mengingat isi pelajaran lebih lama, serta tidak kalah pentinganya pembelajaran yang menyenangkan akan menjadi wadah siswa sebagai tempat belajar dalam persiapan ulangan, test, ujian, dll.
  3. Memberikan siswa pilihan
    Pada point kali ini, anggaplah bahwa siswa benar-benar membutuhkan apa yang mereka perlukan, beri mereka pilihan, beri mereka waktu untuk berdiskusi bersama teman-temannya, baik itu dalam pemilihan organisasi dalam kelas, alur topik pelajaran yang ingin diajarkan untuk 1 minggu kedepan, jadikan merekan penentu didalam keberhasilan kelas dan diri mereka masing-masing, seperti yang dilansir ( http://www.howtolearn.com/2014/11/how-to-create-joyful-learning-in-the-classroom/ ) I tell my students to decide on the topic they want to study for that week and then as “experts” they will teach the next week. Try this in your classroom.
  4. Dukung dan biarkan siswa membuat sesuatu hal.
    Perlu kita ketahui, bahwa siswa juga mempunyai keinginan yang mungkin berbanding lurus terhadap masa depan yang ingin mereka raih, tidak semua siswa tertarik dan antusias didalam materi maupun pelajaran yang kita ampuh.
    Karena siswa juga manusia, siswa juga ingin membuat suatu hal baru dan tidak monoton dalam menempuh pembelajaran, seperti ingin mendapatkan sumber belajar yang lain, dan hal-hal yang mencakup koran, majalah, brosur, cerita, buku gambar, poster, presentasi PowerPoint, wawancara, sejarah lisan, model, diagram, drama dan permainan peran, persidangan tiruan, foto, lukisan, lagu, survei, grafik, video dokumenter dll. biarkan mereka berkreasi, dukung kegiatan siswa dan hal siswa yang kira-kira memiliki nilai positif.
  5. Tampilkan hasil karya siswa
    Ajak siswa untuk menampilkan hasil karya nya, bebaskan siswa dalam mempresntasikan hasil karya mereka didepan anda dan didepan teman-temannya, karena dengan menghargai hasil karya siswa, akan membuat siswa selalu meng-eksplore kemampuan dan akademiknya,
    Berilah penghargaan kepada siswa, baik itu untuk hasil karya siswa yang belum memuaskan atau yang memuaskan, buat siswa untuk selalu mengedepankan proses terhadap hasil karyanya.
  6. Ajak sekali-sekali siswa untuk keluar
    Kita orang dewasa mengetahui dengan baik, bahwa udara segar, pohon-pohon, dan hari yang cerah dapat melakukan keajaiban untuk jiwa manusia.
    Dengan demikian ajak siswa kelas anda untuk belajar diluar kelas, hanya sekedar menghidupkan suasana belajar yang selama ini monoton, dan diharapkan kegiatan ini dapat meremajakan kembali mood siswa dalam belajar.
    Ajak siswa untuk bergabung terhadap ekosistem/lingkungan yang ada diluar sekolahnya, membaca, menulis,praktikum, dan class meeting, semua hal tersebut dapat menyenangkan dan akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan terhadap siswa.
Berikut merupakan contoh dalam penulisan RPP, simak dan baca Contoh RPP Perpindahan Kalor SMA
Semua dalam hal pembelajaran yang menyenangkan membutuhkan niat dan keikhlasan dari seorang guru, tanpa keikhlasan dalam mengajar, jangan harap dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Jangan terlalu membebankan siswa terhadap hasil belajar, dengan menghalalkan segala cara agar hasil belajar siswa pada kelas yang di ampuh menjadi yang terbaik, buatlah siswa untuk lebih menghargaii dirinya sendiri, niscaya siswa akan benar-benar menghormati dan menghargai sosok seorang guru.
Fikirkan sendiri metode yang dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar siswa. niscaya hasil belajar yang organik dari siswa, akan terwujud. Agar mengedepankan motivasi belajar, simak dan baca juga Definisi Motivasi Belajar Dalam Pendidikan

Sekian artikel tentang Cara Menciptakan Joyfull Learning Di Kelas Belajar, artikel ini tidak bermaksud untuk menggurui atau mengajarkan, akan tetapi hanya sekedar berbagi dari referensi yang saya baca, pengalaman sendiri, dan hasil sharing dari teman yang berprofesi sebagai guru.
Semoga artikel ini berguna dengan semestinya.
Terima Kasih.

Sumber bacaan:
  • http://www.howtolearn.com/2014/11/how-to-create-joyful-learning-in-the-classroom/
Facebook Twitter Google+

2 komentar

walau saya cuma siswa, tapi saya berharap semua guru bisa menerapkan system semacam ini , jujur terkadang guru sangat membosankan ketika mengajar dikelas -_-

Amin gan, semoga guru bisa menerapkan joyfull learning, untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan.

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top