Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Friday, June 12, 2015

Definisi Game Edukasi Menurut Para Ahli

Definisi Game Edukasi Menurut Para Ahli - Game edukasi merupakan sebuah perangkat game/permainan yang dikemas dalam konteks pendidikan atau bisa dibilang menjurus ke hal yang mendidik, apakah game edukasi akan berdampak baik bagi pengguna/siswa? atau malah sebaliknya? jadi kali ini saya akan membagikan artikel tentang definisi game edukasi menurut para ahli, adapun definisinya adalah sebagai berikut:
Game edukasi merupakan sebuah perangkat game/permainan yang dikemas dalam konteks pendidikan atau bisa dibilang menjurus ke hal yang mendidik, apakah game edukasi akan berdampak baik bagi pengguna/siswa? atau malah sebaliknya?
Contoh Screen Shot Game Edukasi
  • Menurut Papert (1993) mengemukakan "notes that software games teach children that some forms of learning are fast-paced, immensely compelling and rewarding where as by
    comparison school strikes many young people as slow and boring".( bahwa software game untuk mengajar anak-anak baik untuk kecepatan pemahaman dan sangat menarik serta bermanfaat, ini merupakan sebagai perbandingan cara belajar disekolah yang lama dan membosankan )
  • Menurut Boyle (1997) mengemukakan "points out that games can produce engagement and delight in learning; they thus offer a powerful format for educational environments. Moreover, there are studies that have shown that the use of carefully selected computer games may improve thinking". 
    ( Menunjukkan bahwa game dapat menghasilkan keterlibatan dan senang belajar; dengan demikian menawarkan format yang kuat untuk pendidikan lingkungan. Selain itu, ada studi yang telah menunjukkan bahwa penggunaan permainan komputer yang dipilih dengan cermat mungkin meningkatkan cara berpikir )
  • Menurut Wahono (ilmukomputer.com.2007) mengemukakan game merupakan aktifitas terstruktur atau semi terstruktur yang biasanya bertujuan untuk hiburan dan kadang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan.
  • Menurut Foreman (2009) mengemukakan bahwa game merupakan potential learning environment, bermain game merupakan sebuah literatur baru dalam pendidikan.
  • Menurut Buckingham dan Scalon (2002) mengemukakan dalam terjemahan bahwa sebenarnya tanpa disadari game dapat mengajarkan banyak keterampilan dan game dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan.
  • Menurut Edward (2009) mengemukakan dalam terjemahan bahwa game merupakan sebuah tools/alat yang efektif untuk mengajar karena mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan teknik instruksional yang efektif digunakan dalam penguatan pada level-level yang sulit.


Sekian artikel tentang definisi game edukasi menurut para ahli, semoga bagi anda yang berniat untuk membuat game edukasi, bisa termotivasi dengan penjelasan oleh para ahli yang telah dilampirkan diatas. Lebih dan kurangnya saya minta maaf. Semoga bermanfaat.


Terima Kasih
Sumber:

Virvou, Maria. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of its Educational Effectiveness. Greece: University Of Piraeus.


Pujiadi. (2015). Pengembangan Game Edukasi Untuk Media Bantu Pembelajaran Drill And Practice Sebagai Persiapan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Matematika SMA. Online Tersedia di [ http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/karya-tulis-ilmiah/795-pengembangan-game-edukasi-untuk-media-bantu-pembelajaran-drill-and-practice-sebagai-persiapan-siswa ]


Puput. (2013). Contoh Proposal Skripsi Pengembangan Game Edukasi. Online Tersedia di [ http://pou-pout.blogspot.com/2013/04/contoh-proposal-skripsi-pengembangan.html ]
Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top