Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Friday, June 19, 2015

Tips Menghadapi Sidang Skripsi

Tips Menghadapi Sidang Skripsi - Skripsi merupakan istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. pernyataan tersebut bersumber dari wikipedia.org
Skripsi merupakan istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. pernyataan tersebut bersumber dari wikipedia.org,

Tidak sedikit mahasiswa menjadi galau dan strees dalam menghadapi skripsi, baik dalam proses maupun dalam sidang skripsi, pada momen ini mahasiswa benar-benar diuji kesabaran dan mentalnya, karena pada proses skripsi maupun sidang, bukan hanya kemampuan kalian yang akan diuji oleh dosen pembimbing dan dosen penguji skripsi, tetapi kesabaran kalian, karena kesabaranlah yang merupakan kunci keberhasilan kita. Untuk mengatasi sulitnya bimbingan skripsi, Baca juga artikel tentang  Tips-tips bimbingan skripsi vs Dosen killer.
Langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi, berikut merupakan tips-tips dalam menghadapi ujian sidang skripsi:
  1. Berdoa dan beribadah.
    Tips ini merupakan suatu hal yang tidak perlu saya jelaskan lagi, karena seperti yang kita ketahui bahwa sebagai umat beragama hendaknya kita selalu berdoa sebelum melakukan/mencapai sesuatu. juga diiringi dengan ibadah dengan tata cara dari masing-masing agama yang kalian anut.

  2. Kenali karakter/sifat dosen penguji kalian.
    Tips ampuh ini, sudah banyak diterapkan oleh mahasiswa dalam menghadapi sidang skripsi, cara nya adalah dengan konsultasi dengan teman/senior yang pernah berkomunikasi dengan dosen penguji tersebut, usahakan kalian untuk menyempatkan diri menjadi penonton sidang skripsi maupun seminar/proposal, agar bisa mengenali karakter dosen penguji yang akan menjadi penguji kalian.

  3. Kuasai isi skripsi dan teori yang mengacu pada penelitian kalian.
    Tips ini jelas menjadi kewajiban kita sebagai peserta ujian skripsi, usahakan skripsi yang kalian buat benar berdasarkan kerja keras kalian, bukan dari jasa/joki penyusunan skripsi, jika mungkin ada yang terpaksa, mungkin karena keadaan, untuk menggunakan jasa/joki pembuatan  skripsi, diharapkan untuk kerja keras dalam memahami isi skripsi yang telah dibuat.

  4. Dalam berbicara hendaklah memandang mata penguji.
    Dengan kalian memandang mata saat mempertahankan argumen kalian, penguji akan merasa bahwa jawaban kalian terlihat meyakinkan (sesuai dengan teori dan hasil penelitian kalian), jangan pernah mengalihkan pandangan dari dosen penguji, biasanya hal itu akan membuat kita menjadi gugup.

  5. Sesuaikan intonasi dalam berbicara.
    Intonasi merupakan salah satu hal yang penting dalam berbicara, karena biasanya intonasi digunakan sebagai gesture kita berbicara, agar yang mendengarkan dapat mengerti arti dan maksud pembicaraan kita. tinggi rendahnya intonasi kalian disesuaikan dengan maksud penyampaian anda, agar terlihat baik di depan dosen penguji kalian.

  6. Ucapkan terima kasih.
    Jangan pernah lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih, setelah dosen penguji kalian memberikan saran dan komentar yang pedas, ini akan membuat dosen penguji merasa dihargai, dan ini merupakan menjadi tambahan nilai attitude kalian.

  7. Jangan terlalu sering membuka skripsi.
    Jangan terlalu sering membuka/membaca skripsi kalian ketika menjawab pertanyaaan dosen penguji, usahakan dalam menjawab pertanyaan dosen penguji dengan spontan, lugas, tegas(tidak ngotot), kolaborasikan dengan intonasi yang baik.

  8. Dokumentasi maksimal.
    Perkuat penelitian kalian dengan berbagai dokumentasi, baik itu gambar, video, rekaman suara, catatan hasil penelitian, dll, telah kita ketahui bahwa dokumentasi merupakan hal yang urgen untuk dilakukan, saya sarankan kalian untuk mempersiapkan presentasi dokumentasi dengan baik, gunakan software/aplikasi yang mendukung, buat penguji kalian terlena dengan hasil dokumentasi kalian, agar dosen penguji kalian merasa penelitian kalian itu relevan.

  9. Dengarkan argumen dosen penguji sampai selesai.
    Dengarkan saran maupun argumen dari dosen penguji, jangan pernah dipotong, kalian bisa membalas argumen atau menjawab ketika dosen penguji selesai menyampaikan argumennya. ini akan berpengaruh kepada dosen penguji untuk berubah menjadi killer, sehingga membuat pertanyaan bertubi-tubi akan menyerang kalian.

  10. Mental +++++++++++++++++++++.
    Mental juga menjadi satu kesatuan yang penting dalam pertarungan ujian skripsi kalian, jangan pernah down, nangis, ngeluh, dll, karena akan berakibat fatal terhadap pemikiran kalian, dengan kalian yang sudah mengerti dan paham dengan isi skripsi kalian, akan menjadi buyar dan kacau balau seketika. Jadi hadapi dengan senyuman, santai, dan relax, setiap goncangan yang dilemparkan kalian oleh dosen penguji jawablah dengan baik tanpa terbata-bata dan akhiri dengan senyuman.
Sekian artikel tips menghadapi sidang skripsi, kurang dan lebihnya saya minta maaf, semoga bisa diterapkan dengan semestinya. 
TERIMA KASIH.
Facebook Twitter Google+

12 komentar

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top