Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Tuesday, June 16, 2015

Definisi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan

Definisi Media Pembelajaran Dalam PendidikanKali ini saya akan berbagi ilmu tentang pengertian/definisi media pembelajaran, sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian media pembelajaran, ada baiknya terlebih dahulu dibahas tentang makna masing-masing kata yang membentuknya.
Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu media dan pembelajaran. Dengan memahami kedua kata tersebut, maka akan dapat membantu kita dalam memberikan pengertian tentang istillah media pembelajaran.
Sumber gambar:
teras-pembelajaran.blogspot.com
Media pembelajaran terdiri dari dua kata, yaitu media dan pembelajaran. Dengan memahami kedua kata tersebut, maka akan dapat membantu kita dalam memberikan pengertian tentang istillah media pembelajaran.
  1. Menurut Asyhar ( 2011:4) mengemukakan bahwa secara etimologis, media berasal dari bahasa latin, merupakan bentuk jamak dari kata "medium" yang berarti "tengah, perantara, atau pengantar". Istilah perantara atau pengantar ini, menurut Bovee dalam Asyhar (2011:4) mengemukakan bahwa digunakan karena fungsi media sebagai perantara atau pengantar suatu pesan dari si pengirim (sender) kepada si penerima (receiver) pesan. Dari sini, berkembang berbagai definisi terminologis mengenai media menurut pendapat para ahli media dan pendidikan.

  2. Menurut Suparman (1997) mengemukakan bahwa media merupakan alar yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan.

  3. Menurut Barlo dalam Miarso (1984) mengemukakan bahwa proses komunikasi melibatkan paling kurang tiga komponen utama, yakni pengirim atau sumber pesan (source), perantara (media), dan penerima (receiver).
Dari beberapa pengertian diatas dapat dikatakan bahwa media memiliki peran yang sangat penting, yaitu suatu sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran dalam suatu proses komunikasi antara komunikator dan komunikan.

Apa yang dimaksud dengan Pembelajaran?????
Menurut Asyhar (2011:6) mengemukakan bahwa kata pembelajaran merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris, yaitu "instruction". Instruction diartikan sebagai proses interaktif antara guru dan siswa yang berlangsung secara dinamis. Ini berbeda dengan istillah "teaching" yang berarti mengajar. Teaching memiliki konotasi proses belajar dan mengajar yang berlangsung satu arah dari guru ke siswa. Dalam hal ini, hanya guru yang berperan aktif mengajar, sedangkan siswa bersifat pasif.

Jadi apa yang dimaksud dengan media pembelajaran????
Menurut Asyhar (2011:7) mengemukakan bahwa setelah memahami pengertian kata "media" dan "pembelajaran" secara terpisah, maka dengan menggabungkan kedua istilah tersebut pengertian "media pembelajaran" dengan mudah dapat dipahami dengan mudah, yaitu apa saja yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Secara terminologis, ada berbagai definisi yang diberikan tentang media pembelajaran. 
  1. Menurut Gerlach & Elly (1971) mengemukakan bahwa media pembelajaran memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dalam pembelajaran, sehingga bentuknya bisa berupa perangkat keras (hardware), seperti komputer, televisi, projektor, dan perangkat lunak (software) yang digunakan pada perangkat keras itu.

  2. Menurut Degeng (2001) mengemukakan bahwa media pembelajaran tidak hanya berupa benda mati, tetapi juga benda hidup, seperti manusia. Sebagai benda hidup, media dapat juga merupakan pesan yang dapat dipelajari.
Untuk mengetahui dalam mendesain media pembelajaran, baca dan simak Prosedur Menyusun Rancangan Media Pembelajaran.
Berdasarkan pengertian diatas, media pembelajaran dapat dipahami sebagai "segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efesien dan efektif.

Sekian artikel definisi media pembelajaran dalam pendidikan, semoga bermanfaat dalam referensi penelitian maupun acuan dalam proses pendidikan.
Terima kasih.

Sumber Buku:
Asyhar, Rayandra, (2011).  Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Facebook Twitter Google+

5 komentar

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top