Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Wednesday, June 17, 2015

Daftar Aplikasi Pembuatan Media Bahan Ajar

Daftar Aplikasi Pembuatan Media Bahan AjarMedia dalam pendidikan merupakan suatu perantara atau medium yang digunakan seperti penyaluran informasi dan pesan terhadap siswa, baca juga definisi media pembelajaran dalam pendidikan.
Kali saya akan membagikan informasi tentang program aplikasi yang cocok dalam pembuatan bahan ajar multimedia. Saat ini, banyak sekali program aplikasi yang mendukung dalam pembuatan modul/bahan ajar berbasis multimedia terutama dalam hal interaktif, seperti contoh Microsoft power point, Macromedia flash, Camtasia recorder, Ulead, Pinnacle, Goldwave dan lain sebagainya. sebagian dari aplikasi diatas dapat diunduh/download secara gratis di internet dan juga ada yang berbayar. 
  1. Microsoft power point
    Media dalam pendidikan merupakan suatu perantara atau medium yang digunakan seperti penyaluran informasi dan pesan terhadap siswa,
    Tampilan Microsoft Power Point
    Menurut Asyhar (2011:185) mengemukakan bahwa microsoft power point merupakan program aplikasi presentasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan saat ini untuk berbagai kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, lokal karya, dn sebagainya. Dengan menggunakan power point kalian dapat membuat presentasi secara professional, dan jika perlu hasil presentasi anda kalian dapat dengan mudah ditempatkan diserver web sebagai halaman web untuk diakses sebagai bahan pembelajaran atau informasi yang lainnya. Program power point salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpanan data.
  2. Macromedia flash
    Media dalam pendidikan merupakan suatu perantara atau medium yang digunakan seperti penyaluran informasi dan pesan terhadap siswa,
    Tampilan Macromedia Flash 
    Menurut Asyhar (2011:187) mengemukakan bahwa macromedia flash merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mendesain animasi yang banyak digunakan saat ini. Saat membuka situs atau halaman internet tertentu, biasanya terdapat animasi objek grafis yang bergerak dari besar menjadi kecil, dari terang menjadi redup, dari bentuk satu menjadi bentuk lain, dan masih banyak lagi yang lain. Adapun animasi-animasi objek grafis tersebut dapat dikerjakan dengan macromedia flash.
    Macromedia flash juga mengenalkan bagaimana membuat movie clip, animasi frame, animasi tween motion, serta perintah action script-nya, adapun beberapa kemampuan macromedia flash lainnya adalah sebagai berikut:
    a. Dapat membuat animasi gerak (motion tween), perubahan bentuk (shape tween) dan perubahan dan transparansi warna (color effect tween).
    b. Dapat membuat animasi masking (efek menutupi sebagian objek yang terlihat) dan animasi motion guide (animasi mengikuti jalur)
    c. Dapat membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain.
    d. Dapat dikonversi dan di publish kedalam beberapa tipe seperti *.swf, *.html, *.gif, *.jpg, *.exe, dan, *.mov. Untuk menambah pengetahuan anda terhadap perkembangan flash, baca juga Cara Buat Game Tebak Kata Dengan Flash
  3. Goldwave
    Media dalam pendidikan merupakan suatu perantara atau medium yang digunakan seperti penyaluran informasi dan pesan terhadap siswa,
    Tampilan Goldwave
    Menurut Asyhar (2011:187) mengemukakan bahwa goldwave merupakan sebuah editor, player, recorder, analyzer, dan converter file sound/suara. Biasa digunakan untuk membuat file sound untuk audio CD, website, mesin penjawab, sistem suara windows, dan lainnya. Goldwave menyediakan tool set komplit untuk efek-efek dan fitur-fitur editing untuk produksi suara secara profesional. Disamping itu goldwave adalah apllikasi yang mudah untuk digunakan, baik oleh pemula sekalipun. Berikut beberapa fitur oleh goldwave:
    a. User interface yang intuitif dan mudah diatur, sehingga membuat proses editing menjadi lebih mudah.
    b. Sebuah window control independent yang memungkinkan akses langsung ke file audio yang berisi control untuk playback, rewind, dan fast forward, volume, balance, dan speed. Visualisasi realtime ditampilkan selama proses playback dan perekaman (record) suara.
    c. Dilengkapi multiple document interface (MDI), yaitu interface yang memungkinkan untuk membuka beberapa file sekaligus. sehingga memudahkan dalam mengedit beberapa file sekaligus.
    d. File yang berukuran besar dapat diedit secara efisien dengan menggunakan advanced virtual editing system, dengan storage yang disesuaikan.
    e. Sound ditampilkan secara grafis berupa bentuk waveform (gelombang suara) dan level detailnya dapat diubah melalui proses zoom in dan zoom out.
    f. Efek audio yang aplikatif, seperti dynamic, echo, flanger, mechanize, reverse, pan, dan time warp, enhance, dan distort.
    g. Command batch proccessing yang memungkinkan untuk melakukan proses konversi kebeberapa format dan type, serta menambahkan efek yang telah diberikan. Adapun beberapa format yang disupport oleh Goldwave yaitu *.wav, *.mp3, *.xac, *.aiff, *.aifc, *.iff, *.au, *.voc, *.snd, *.smp, *.vox, *.mat, *.txt, *.flac, *.ogg, dan *.wma.
    h. Sebuah expression evaluator yang mampu men-generate nada-nada sederhana dengan filter. Seperti untuk nada dering dan gelombang radio.
    i. Beberapa plug-in untuk interface, visualisasi dan efek.
  4. Camtasia recorder
    Media dalam pendidikan merupakan suatu perantara atau medium yang digunakan seperti penyaluran informasi dan pesan terhadap siswa,
    Tampilan Camtasia Recorder
    Menurut Asyhar (2011:188) mengemukakan bahwa camtasia adalah subah software yang dirilis oleh TechSmith Corporation. Camtasia recorder adalah bagian dari camtasia studio yang berguna untuk membuat record atau rekaman mengenai tampilan pada dekstop. Beberapa kelebihan dari camtasia recorder diantaranya yaitu:
    a. Mudah digunakan.
    b. Mampu meng-capture semua hal yang terjadi di dekstop, termasuk gerakan cursor dan pop up window.
    c. Dapat diintegrasikan dengan ms. power point untuk membuat record file power point berupa slide show.
    d. Dapat diintegrasikan dengan device lain sebagai input seperti microphone untuk suara, dan webcam atau kamera digital untuk videonya.
    e. Hasil record berkapasitas lebih kecil dibandingkan dengan hasil record aplikasi lain yang sejenis.
    f. Bila perlu file hasil dapat diedit dengan camtasia studio dan disimpan dalam ekstensi *.camproj.
Jika sudah mengerti, mari membuat suatu media bahan ajar yang berguna, baca dan simak  prosedur menyusun rancangan media pembelajaran.
Sekian artikel daftar aplikasi pembuatan media bahan ajar, kurang dan  lebihnya saya minta maaf. Semoga beberapa contoh program aplikasi diatas dapat bermannfaat. dan digunakan dengan semestinya dalam dunia pendidikan.
Terima kasih

Sumber buku:
Asyhar, Rayandra. (2011) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top