Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Thursday, June 25, 2015

Definisi Alat Peraga Pembelajaran

Definisi Alat Peraga PembelajaranKali ini saya akan membagikan ilmu tentang pengertian alat peraga pembelajaran. Menurut Asyhar (2011:11) mengemukakan bahwa alat peraga pengajaran/pembelajaran merupakan alat atau bahan yang digunakan oleh pebelajar untuk:
alat peraga digunakan oleh guru untuk memberi penekanan pada informasi, memberikan stimulasi perhatian, dan memfasilitasi proses  pembelajaran. Alat peraga memiliki spektrum yang cukup luas mulai dari media sederhana hingga media canggih dalam bentuk aural, visual, atau computerized.
Sumber gambar:
fairuzelsaid.wordpress.com
  1. Membantu pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pembelajaran.
  2. Mengilustrasikan dan memantapkan pesan dan informasi.
  3. Menghilangkan ketegangan, hambatan, dan rasa malas peserta didik.
Menurut Ruiz dalam Asyhar (2011:11) mengemukakan bahwa alat peraga digunakan oleh guru untuk memberi penekanan pada informasi, memberikan stimulasi perhatian, dan memfasilitasi proses  pembelajaran. Alat peraga memiliki spektrum yang cukup luas mulai dari media sederhana hingga media canggih dalam bentuk aural, visual, atau computerized. Salah satu alat peraga sudah lama dikenal adalah "hornbook", yang digunakan pada sekolah-sekolah inggris sejak pertengahan tahun 1400-an hingga permulaan abad ke 19. Agar alat peraga layak digunakan setelah dinilai beberapa ahli, simak dan baca juga Kriteria Modul Bahan Ajar Yang Wajib Diperhatikan

Menurut Estiningsih dalam Asyhar (2011:12) mengemukakan bahwa alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari.

Menurut Sanaky dalam Asyhar (2011:12) mengemukakan bahwa alat peraga sebagai suatu alat bantu yang dipergunakan untuk memperagakan materi pelajaran. Alat peraga bisa berbentuk benda atau perbuatan.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah media yang memiliki ciri dan bentuk dari konsep materi ajar yang dipergunakan untuk memperagakan materi tersebut, sehingga materi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Penggunaan alat peraga sangat dibutuhkan terutama untuk menjelaskan konsep atau materi yang abstrak.

Sekian artikel tentang Definisi Alat Peraga Pembelajaran, Semoga artikel ini berguna dalam acuan penelitian dalam media, serta ilmunya dapat diterapkan dalam pembelajaran, kurang dan lebihnya saya minta maaf.

Sumber Bacaan:
Asyhar, Rayandra. (2011) Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Facebook Twitter Google+

8 komentar

Nicepost, jadi bisa tahu nih, terimakasih :)

pake peraga biar makin tau

Yup benar gan..
Terima kasih kunjungannya

Sama-sama.
semoga artikel ini benar-benar bermanfaat gan.
Terima kasih kunjungannya

Oke gan.
Semoga bermanfaat dengan baik.
Terima kasih kunjungannya

Sangat bermanfaat, semoga terus berkreasi membuat coretan tentang alat peraga. Sukses selalu tulisan tentang alat peraga

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top