Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Monday, February 29, 2016

Cara Pendaftaran SNMPTN 2016

INFO SNMPTN 2016

Pada hari ini seluruh siswa kelas XII SMA bisa melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Artinya, sudah saatnya bagi pendaftar menentukan pilihan akan perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi untuk melanjutkan kuliah nanti.
Pendaftaran SNMPTN 2016 dilakukan secara online melalui laman www.snmptn.ac.id. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan masing-masing siswa supaya dapat melakukan pendaftaran dengan benar.

Pertama, pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan harus menuliskan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN. Kedua, mereka akan mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih. Bagi peserta yang mendaftar pada pada program studi seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

Langkah ketiga, pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Setelah semua proses pendaftaran selesai, peserta harus menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan pada 10 Mei 2016.

Perlu diketahui, seleksi yang kerap disebut jalur undangan ini menggunakan pola penyaringan berdasarkan penelusuran prestasi akademis siswa pelamar.

Panitia seleksi di 78 PTN akan melihat nilai rapor semester I hingga V bagi siswa SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun. Sedangkan bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun, seleksi akan menggunakan nilai rapor sejak semester I hingga VII. Pertimbangan lain dalam seleksi tanpa tes ini adalah portofolio akademis peserta.

Sekian artikel kami mengenai SNMPTN 2016, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang membutuhkan informasinya. Terimakasih
Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top