Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Sunday, June 14, 2015

Definisi Motivasi Belajar Dalam Pendidikan

Definisi Motivasi Belajar Dalam Pendidikan - Motivasi belajar merupakan hal yang terpenting didapatkan atau dilakukan siswa sebelum menghasilkan dalam hasil berlajar, karena hasil belajar siswa bergantung terhadap minat belajar siswa itu sendiri.
Bagaimana minat belajar itu datang?
Minat belajar bisa ditumbuhkan melalui diri sendiri, orang lain, atau objek yang bersinggungan dengan diri, Otomatis hal yang penting dalam meningkatkan minat belajar adalah Motivasi.

Jadi korelasinya, Bagaimana memotivasi minat belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang baik disekolah?
Coba simak, pendapat ahli dibawah ini tentang motivasi belajar.

Motivasi menurut Abror (1993:114-115) mengemukakan bahwa istilah motif (motive) dan motivasi (motivation) pada mulanya menjadi topik dalam psikologi yang kemudian meluas ke bidang-bidang lain seperti dalam bidang pendidikan dan manajemen.
motivasi (motivation) pada mulanya menjadi topik dalam psikologi yang kemudian meluas ke bidang-bidang lain seperti dalam bidang pendidikan dan manajemen.   Motif (motive) berasal dari akar kata bahasa lain "movers", yang kemudian menjadi "motion", yang artinya gerak atau dorongan untuk bergerak.
Sumber gambar: kabarintens.blogspot.com
Motif (motive) berasal dari akar kata bahasa lain "movers", yang kemudian menjadi "motion", yang artinya gerak atau dorongan untuk bergerak. Jadi, motif merupakan daya dorong, daya gerak, atau penyebab seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan dan dengan tujuan tertentu. Hal ini sejalan dengan pengertian yang dikemukakan oleh Wood-worth & Marquis dalam bukunya Psychology : 337 , yaitu " A motive is a set predisposes the individual of certain activities and for seeking certain goals ( Motif adalah suatu set (kesiapan) yang menjadikan individu cenderung untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu dan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu ). Sedangkan motivasi (motivation) berarti pemberian atau penimbulan motif atau hal menjadi motif. Tegasnya, motivasi adalah motif atau hal yang sudah menjadi aktif pada saat tertentu, terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan terasa sangat mendesak, pengertian lain, seperti dikemukakan oleh Atkinson bahwa "Motivation refers ti the factors that energize and direct behavior" ( Motivasi mengacu kepada faktor-faktor yang menggerakkan dan mengarahkan tingkah laku ). Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap minat belajar, simak dan baca tentang Definisi minat belajar dalam pendidikan

Dalam kegiatan belajar, berlangsung dan keberhasilannya bukan hanya ditentukan oleh faktor intelektual, tetapi juga faktor-faktor yang non-intelektual, termasuk salah satunya ialah motivasi belajar dapat diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak psikis didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan (Winkel,1987:92). Dikatakan "keseluruhan", karena pada umumnya ada beberapa motif yang bersama-sama ikut menggerakkan siswa untuk belajar. Seperti yang telah dikemukakan diatas, merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual, peranannya yang khas adalah dalam hal membangkitkan gairah, rasa senang dan semangat untuk belajar.

Sekian artikel tentang definisi motivasi belajar dalam pendidikan, semoga artkel ini membantu anda dalam referensi penelitian maupun acuan dalam proses pendidikan.
Terima Kasih

Sumber Buku:
Abror, Abd, Rachman.(1993). Psikologi Pendidikan. Yogya: Tiara Wacana

Atkinson, Rita, L (1983). Introduction To Psychology. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Winkel. W.S.(1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: P.T Gramedia.
Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top