Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Tuesday, January 26, 2016

Pengertian dan Penjelasan dari CAT (Computer Assisted Test)


JariBandel - Pada postingan saya kali ini akan membahas mengenai CAT atau Computer Assisted Test. Computer Assisted Test merupakan salah satu inovasi dari pelaksanaan ujian yang biasanya menggunakan lembar jawaban dan tumpukan kertas soal yang memakan banyak biaya untuk tiap seleksi menjadi murah dan efisien. CAT juga biasa disebut ujian berbasis komputer. Lalu apa keunggulan dari CAT ? Keunggulan CAT tentunya sangatlah banyak selain menghemat anggaran negara juga. Berikut ini keunggulan dari Computer Assisted Test :
1. Peserta tidak perlu repot lagi untuk melingkari lembar jawaban
2. Bisa mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
3. Dapat menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
4. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme atau KKN.

Berikut ini penjelasan mengenai Computer Assisted Test secara lebih rinci :

Tidak Repot lagi
Tentu saja karena ketika anda akan mengikuti test ini,anda tidak perlu membawa apapun,termasuk pensil,ballpoint,penghapus atau alat tulis lainnya,karna kita hanya tinggal menggerakkan cursor mouse computer untuk menentukan jawaban. Dengan adanya hal itu tentu kita tidak akan repot lagi dalam mengikuti ujian.

Login
Cara kerja Computer Assisted Test sangatlah simpel.Pertama kita akan login menggunakan No PIN yang diberikan panitia,setelah login maka akan tampil data peserta apabila ada ketidaksesuaian diwajibkan untuk melaporkannya ke panitia.Apabila semua data telah sesuai maka klik tombol mulai ujian,maka lembar soal akan tampil. Jadi untuk login diperlukan data-data yang akan kita gunakan pada saat ujian.

Waktu
Ketika anda mulai menekan tombol mulai ujian maka pada saat itu pula waktu hitung mundur akan mulai berjalan,jadi nanti jangan heran kalo misalnya ada peserta di samping anda masih bisa mengerjakan soal sementara anda sudah tidak bisa lagi mengerjakan soal karna waktunya sudah habis,mungkin saja anda lebih awal memulai ujiannya dan rekan di samping anda lebih lambat ketika mengklik tombol mulai ujian,tapi tidak usah khawatir jumalah waktu tiap peserta tetap sama. Jadi, anda harus benar-benar dalam memanfaatkan waktu yang sudah ada.

Bagai Mana Cara Kerjanya?
Cara kerja CAT adalah anda cukup mengklik pilihan yang sesuai menurut anda,bentuk soalnya sih sama saja seperti di soal pilihan berganda pada soal pada umumnya,hanya saja kita dipermudah ketika ingin memilih jawaban karena cukup dengan mengklik option A apabila jawaban kita A atau D kalo jawaban kita D.Simpell bukaannn,HAhahaaa.Trus nanti di monitor bagian bawah pasti ada kotak persegi panjang,di kotak itu memungkinkan kita untuk melompati soal yang sukar,atau misalnya anda ingin mengerjakan soal Bahasa Inggris,sementara pada layar monitor anda soal Matematika,jadi tinggal klik pada persegi panjang itu,pilih no soal yang menampilkan soal B.Inggris.

Lalu Bagaimana Cara Penilaiannya?
Cara penilaiannya sesuai dengan ketentuan panitia apakah menetapkan nilai minus pada jawaban yang salah.Cara penilaiannya menggunakan suat sistem diamana apabila kita mengerjakan suatu soal dan benar maka skor nilai kita akan langsung terkirim ke operator dan berdasarkan pengalaman saya ketika ikut ujian CAT,monitor operator akan langsung terhubung ke monitor di lobby kantor tempat berlangsungnya ujian(biasanya di kantor BKN) jadi semuanya bersipat transparan dan meminimalisir terjadinya kecurangan.Jadi misalnya kalo anda ikut ujian CAT trus bawa saudara atau orangtua,mereka juga bisa melihat skor dan peringkat selama ujian berlangsung detik demi detik,jadi bukan anda saja yang pusing memikirkan soal,tapi saudara atau orangtua anda juga bakal ikut gregetan melihat skor dan peringkat anda yang kadang atas kadang dibawah karna bingung milih jawaban,Hahahah.Trus kalo kita sudah selesai mengerjakan soal atau waktu sudah habis
maka,soal akan tetutup otomatis dan jreng jreng skor hasil kerja kitapun akan terpampang secara langsung di monitor kita,ya kalo lulus Alhamdulillah,kalo tidak belum rezeki,jadi kita gak perlu nunggu lama-lama dengan perasaan cemas dan bertanya-tanya "lulus gak yaa".

Cara Menyelesaikan ujian
Kalo mau menyelesaikan ujian,ada 2 cara,yaitu:
1.Menunggu sampe waktu habis,yaitu kita tidak melakukan apa-apa karna soal akan tertutup otomatis apabila waktu kita habis,jadi biasanya akan ada peringatan di monitor kita kalo waktu kita kurang dari 3 menit lagi,tapi pastikan dulu jawaban anda sudah yakin gak tuh, check kembali jawaban anda kali aja ada yang khilaf :p

2.Langsung mengklik tombol selesai ujian pada monitor padahal masih banyak sisa waktu,jadi kalo anda mengklik selesai ujian maka monitor akan menutup soal dan menampilkan skor perolehan anda tanpa bisa lagi kembali ke proses pengerjaan soal,menurut saya sih mendingan gak usah buru-buru pastiin aja dulu jawabannya udah betul,daripada anda menyesal.


Itulah pengertian dan penjelasan mengenai CAT atau Computer Assisted Test. Dengan kemajuan teknologi tentunya kita harus ikut juga mahir dalam menggunakannya. CAT juga merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi. Semoga postingan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini agar yang lain tau apa sih yang dimaksud dengan CAT atau Computer Assisted Test.

Terimakasih
Sumber: kuliahgratisindonesia


BACA JUGA : KUNCI SUKSES MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top