Blog berisi artikel tips-tips, konten mahasiswa dalam hal penelitian, wawasan pengetahuan, definisi, pengembangan,kebudayaan, dan artis

Sunday, November 1, 2015

Berikut Penelitian Musik Rock Baik Untuk Kesehatan

Rock dan Kesehatan - Selamat datang di Jari Bandel, semoga kalian yang mengunjungi blog Jari Bandel ini dalam keadaan sehat selalu, :) .
Banyak yang menganggap musik rock itu negatif, berikut argumen bahwa musik rock baik untuk kesehatan.
Slipknot Merupakan Salah Satu Band Rock Ternama Di Dunia


Berhubungan dari judul yang kiranya akan membahas tentang alasan musik rock baik untuk kesehatan, sebelumnya apa yang kalian ketahui tentang musik rock?

Musik rock adalah genre musik populer 
 yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun '50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun '40 dan '50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.
Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengangitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak '70-an,synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock "mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik".

Akan tetapi setiap ada yang pro pasti ada yang kontra dengan eksistensi musik rock, karena sebagian besar dari kita sepertinya kurang menyukai, bahkan sama sekali tidak menyukai jenis musik rock.
Karena banyak yang menganggap lebih banyak efek negatif dari pada positif nya ketika mendengarkan musik rock, terlebih lyric yang ditampilkan oleh musik rock, kebanyakan liriknya mengandung pesan sex, kekerasan, fantasi, mistis dan sisi kehidupan yang hedonis. Lirik yang mengandung pesan seperti ini tentu berbahaya jika terlalu sering didengar oleh penggemar musik rock. Dalam teori ilmu komunikasi, pesan yang terlalu sering didengar akan tersimpan dibawah alam sadar si pendengar, dan bisa saja suatu saat nanti si pendengar akan melakukan apa yang tersimpan di bawah alam sadarnya.
Benarkan hal tersebut ? 
Simak pernyataan dibawah ini:

Bagi yang kurang memahami, musik rock atau musik cadas ini dianggap mengganggu telinga karena suaranya yang terbilang keras dan berisik. Namun, tahukah kita ada dampak positif dari musik rock?

Sebuah penelitian di Universitas Manchester, Inggris, menemukan bahwa semakin besar suara yang dihasilkan oleh musik yang kita dengar, maka semakin besar pula kesenangan yang akan muncul dari diri kita. 

Hal ini terjadi karena sistem vestibular, yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan dan juga menimbulkan getaran. Ketika gelombang suara terkirim, maka pesan positif juga terkirim ke otak.

Neil Todd, seorang peneliti juga percaya bahwa hal tersebut merupakan pengaruh dari indra akustik primitif kita yang terhubung dengan keinginan-keinginan dasar, seperti lapar dan seks. 

Selain itu, penelitian lain menunjukkan, ketika terlinga menerima gelombang yang ditimbulkan oleh suara gitar elektrik yang melengking-lengking, gelombang tersebut akan diteruskan ke pusat memori. Hal tersebut kemudian akan melatih ketajaman berpikir seseorang dan meingkatkan daya ingatnya.

Nah, jadi mulai sekarang jangan kesal jika kita mendengar musik keras atau musik rock, karena ada dampak positif dari musik rock yang menguntungkan kita, terutama pada urusan daya ingat.

Sekian artikel kali ini yang membahas penelitian musik rock baik untuk kesehatan, sekian terima kasih.

Sumber: 

  1. health.kompas.com
  2. kompasiana.com
  3. wikipedia.org
Facebook Twitter Google+

Diharapkan Komentar Menggunakan Kalimat Yang Sopan Dan Sesuai Topik Postingan.
Berikut Komentar Yang Tidak Akan Ditampilkan oleh Admin Atau Dianggap Komentar Spam.
1. Komentar Tidak Relevan atau OOT ( Out Of Topic )
2. Komentar Mengandung Unsur Pornografi.
3. Komentar Mengandung Unsur Sara.
4. Komentar Spam (berulang kali dengan kalimat dan format yang sama).
5. Mencantumkan Link Aktif atau Link Mati.(kecuali untuk hal yang urgen)
Terima Kasih
(Rules Update: Kamis, 25 Juni 2015)

#
Back To Top